Makanan Khas yang Bisa Dicicipi Saat Berkunjung ke Tempat Wisata di Ciamis

Ciamis memang memiliki perkembangan pesat dari segi media massa yang dipakai dan media masa yang beredar di ciamis diantaranya media elektronik, media cetak serta media online. Ada beberapa media massa yang populer seperti radar ciamis, pikiran rakyat dan kabar priangan. Tabloid Pendidikan Ganesha menjadi salah satu tabloid legendaris yang sudah ada sejak lama di ciamis dan tabloid ini dikelola langsung oleh PGRI yang ada di kabupaten ciamis. Tabloid pendidikan ganesha selalu terbit rutin seminggu sekali.

Ciamis menjadi kabupaten yang sangat kaya akan budaya tradisional dan pelestarian budaya di ciamis dilakukan dengan sangat baik. Banyak sekali makanan khas ciamis yang terus bertahan di tengah persaingan makanan modern dan setiap makanan khas ciamis, pasti memiliki kelebihan dari segi rasa. Saat anda berwisata di ciamis, tentu sebuah hal yang penting mencoba makanan khas ciamis dan makanan di ciamis bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harga makanan khas ciamis dijual dengan harga terjangkau, jadi sangat cocok bagi para wisatawan daerah. Berikut ini adalah makanan khas yang bisa dicicipi saat berkunjung ke tempat wisata di ciamis:

Wisata Ciamis
Wisata Ciamis

1. Galendo

Galendo adalah adalah salah satu makanan khas ciamis yang dibuat dengan bahan dasar sari pati dan makanan ini diberi campuran santan kelapa. Galendo memiliki proses pembuatan yang lumayan simpel, karena endapan sari kelapa yang dihasilkan di press sampai kandungan minyaknya menghilang dan prose selanjutnya dikeringkan, sampai proses terakhir pemotongan. Galendo menjadi makanan khas ciamis yang bisa dicicipi saat berkunjung ke ciamis dan mekanan ini sangat mudah ditemukan di ciamis.

2. Cocorot

Cocorot adalah makanan yang jarang terdengar di Indonesia dan cocorot menjadi kuliner khas ciamis yang sangat buhun atau tradisional. Makanan ini terbuat dari bahan dasar besar dengan gula aren dan makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau. Cocorot terbuat dari adonan beras yang dicampurkan dengan gula merah dan di bungkus dengan daun kelapa yang masih muda hingga bentuknya mirip terompet.

3. Surabi

Surabi adalah makanan yang sudah dangat populer di Indonesia dan surabi khas ciamis memiliki keunikkannya tersendiri. Makanan ini terbuat dari cairan gula merah yang dicampurkan dengan oncom dan pembuatan surabi terbilang sangatlah sederhana. Ciamis menjadi salah satu kawasan yang miliki banyak penjual surabi dan harga surabi khas ciamis sangatlah bervariasi. Surabi khas ciamis tidak hanya disukai orang dewasa, karena banyak juga anak muda yang menyukainya.

4. Kecimpring

Kecimpring menjadi makanan yang banyak dijumpai di ciamis dan bahan dasar pembuatan kecimpring sangatlah sederhana mulai dari singkong hingga rempar-rempah pilihan. Proses pembuatan kecimpring sangatlah sederhana dan sangat mudah dibuat oleh para pemula. Makanan ini bisa menjadi makanan yang dicicipi saat berkunjung ke ciamis dan makanan ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat, jadi sangat cocok dikonsumsi bersama anggota keluarga atau teman.

5. Saroja

Saroja adalah kue khas yang banyak ditemukan di ciamis dan makanan ini termasuk dalam makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang nikmat. Saroja terbuat dari campuran tepung terigu yang dibentuk menjadi bunga yang terlihat mekar dan kue ini memiliki tekstur yang renyah. Makanan ini banyak ditemukan di acara-acara pernikahan dan acara penting seperti hari raya idul fitri. Harga makanan ini sangatlah terjangkau.

Sekian ulasan lengkap mengenai makanan khas yang bisa dicicipi saat berkunjung ke tempat wisata di ciamis dan semoga artikelnya banyak bermanfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *