Umbul Brintik

Sensasi Berenang Di Umbul Brintik Klaten yang Memiliki Banyak Manfaat

Wisata air di Klaten terus bertumbuh. Tidak hanya Umbul Ponggok yang disadari tujuan dunia, ada satu tujuan yang banyak disukai, namanya Umbul Brintik.

Kolam mata air alami ini terdapat di Dusun Brintik, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum yang memiliki jarak seputar 5 km dari pusat kota Klaten mengarah barat. Luasnya cuma 1/2 Umbul Ponggok, seputar 7 x 15 mtr..

Ada seputar 10 mata air alami yang di bawahnya jadi penyuplai penting kolam induk serta kolam yang lain. Fundamen kolamnya beralas bebatuan kecil andesit serta pasir hitam.

Dengan kedalaman cuma seputar 1,5 mtr., kolam ini tidak membuat pengunjung cemas terbenam. Konon, umbul ini diberi nama Brintik sebab mata air di dasarnya menimbulkan gelembung air.

Lain Umbul Ponggok, lain juga Umbul Brintik. Sensasinya bukan wisata bawah air tapi lebih pada therapy kesehatan. Hampir 90% pengunjung bukan pencinta wisata air murni. Tetapi, mereka hadir dari golongan yang sedang cari rileksasi diri untuk kesehatan. Bukan hanya dibikin santai sebab airnya, tetapi selama perjalanan juga pemandangan sawah padi lereng Gunung Merapi serta udara yang sejuk membuat pemikiran fresh kembali

Sebab sebagian besar ialah arah pelancong ialah therapy kesehatan, pengelola tawarkan beberapa sarana pada pengunjung. Di muka pintu masuk ada bangku roda serta di kolam juga disiapkan terapist spesial untuk mengikuti.

Buat lanjut usia yang tidak dapat berenang, di pinggir kolam dibikin pegangan dari besi hingga kaki masih dapat bergerak rileksasi. Untuk ticket masuk, benar-benar dapat dijangkau, yakni cuma Rp 3000, Rp 2000 untuk parkir sepeda motor serta Rp 3000 untuk parkir mobil. Umbul Brintik dibuka mulai jam 04.30-17.00 WIB tiap hari.

Di sini ada pilihan kuliner, jadi jangan cemas jika lapar sesudah berendam. Banyak tersedia warung makan dengan beberapa jenis menu pada harga yang dapat dijangkau.

Staff ticket masuk BUMDes Sumber Makmur, Tina menjelaskan sebagian besar pengunjung memang pelancong therapy. Banyaknya tiap hari Senin-Jumat seputar 1.000 orang. Sering pengunjung hadir pagi hari. Serta sebelum subuh telah hadir untuk memperoleh air tanah paling dahulu.

Semenjak tiga tahun paling akhir, pengunjung yang hadir bukan hanya dari Klaten serta Yogyakarta, tapi beberapa kota di Jateng mulai hadir. Ada yang sampai bermalam untuk memperoleh air fresh pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *